Nasi Hainan, 0818.260.783 (XL), Nasi Hainam, Nasi Campur Hainam, Chicken Rice

Nama asli dari chicken rice adalah Hainanese Chicken Rice. Chicken Rice dapat dikategorikan sebagai makanan sehat karena sedikit mengandung minyak dan tidak menggunakan MSG. Rasa gurih yang dihasilkan didapat dari ayam segar yang direbus dengan metode ‘slow cooker’ ditambah bumbu-bumbu dapur dan sedikit garam sehingga menghasilkan kaldu ayam yang sempurna.

Asal Usul Nasi Hainan

Nasi Ayam Hainan atau di Indonesia lebih sering disebut juga dengan Nasi Hainan adalah merupakan masakan Tionghoa yang berasal dari wilayah Hainan, China. Karena banyaknya orang-orang suku Hainan yang merantau dan tinggal di Malaysia dan Singapura,mereka lalu memperkenalkan dan mengembangkan masakan ini, sehingga menjadikan Nasi Hainan identik dengan Negara Malaysia dan Singapura.
Nasi lezat ini dimasak dengan menggunakan kaldu ayam secara terus menerus, sehingga menjadikan Nasi Hainan ini menjadi sangat harum dan lembut. Nasi ini biasanya disajikan dengan daging ayam rebus ataupun panggang, kuah kaldu, sambal jahe, dan juga bawang putih.

Daging ayam dibuat melalui kaedah tradisional Hainan, yaitu merebus satu ekor ayam dalam pati tulang atau khinzir. Orang hainan lebih menyukai ayam yang gempal dan matang untuk memaksimumkan minyak yang diekstrak, sehingga sajian nasi yang menggunakan kaldu ayam ini lebih kuat rasa dan aromanya. Sajian nasi ayam Hainan lama kelamaan menerapkan gaya masak Kantonis yaitu menggunakan ayam yang lebih muda untuk daging yang lebih lembut.

Sajian nasi Hainan sering disajikan dengan sayuran (ketimun) dan saus chili serta serbuk halia (halia merupakan sejenis tumbuhan yang selalu digunakan sebagai rempah perasa dalam makanan, tanaman ini dipercaya berasal dari Cina yang kemudian penggunaannya merebak hingga ke India, Asia Tenggara, Afrika Barat dan Karibia).

Saus tiram bercampur dengan bawang putih juga sering digunakan sebagai saus nasi Hainan.


Nah, bagi kamu-kamu yang penasaran dengan rasa dari nasi hainan atau chicken rice ini, tidak ada salahnya kamu order makanan di Warung 52 JOGJA.
Bisa untuk makan di tempat (Dine - In) atau dibawa pulang untuk keluarga (Take - Away).

nasi campur hainan, hainanese rice, nasi hainan, nasi hainam, nasi ayam haina, nasi babi hainan, nasi hainan babi
NASI CAMPUR HAINAN KOMPLIT ( PLUS KUAH GURIH SPESIAL )

Hubungi Warung 52 :


Menu Warung 52 Jogja :


Bagikan ke :